17 Mei 2008

ALLAH TRITUNGGAL DI DALAM SILSILAH KRISTUS

Kebenaran mengenai Allah Tritunggal tersebar hampir di setiap halaman di dalam Alkitab, tetapi dapatkah Anda menemukan gambaran mengenai Allah Tritunggal di dalam silsilah Kristus. Hmmm, kelihatannya ini pertanyaan yang cukup sulit juga ya. Tetapi mungkin tidak sesulit mencari jarum didalam sekam.

Persona Allah Tritunggal adalah Bapa, Putra, dan Roh. Silsilah ini dibagi menjadi tiga bagian: bagian para leluhur, bagian raja-raja, dan bagian orang biasa (termasuk para tawanan dan para terpulih). Allah Bapa berhubungan dengan bagian leluhur, Allah Putra berhubungan dengan bagian raja-raja, dan Allah Roh
berhubungan dengan bagian orang biasa.

Silsilah ini dibagi menjadi tiga zaman : (1) dari Abraham sampai Daud, empat belas generasi, zaman sebelum kerajaan didirikan; (2) dari Daud sampai pembuangan ke Babel, empat belas generasi, zaman kerajaan; (3) dari pembuangan ke Babel sampai Kristus, empat belas generasi lagi, zaman setelah kerajaan jatuh. Angka empat belas terdiri dari sepuluh ditambah empat. Empat melambangkan makhluk ciptaan( Why. 4:6). sepuluh melambangkan kepenuhan ( Mat. 25:1). Jadi, empat belas melambangkan makhluk ciptaan dalam kepenuhan, kesempurnaan. Empat belas generasi dikalikan tiga menunjukkan bahwa Allah Tritunggal membaurkan diri-Nya dengan makhluk ciptaan sepenuhnya.

Allah Tritunggal telah melewati Abraham dan Ishak, Yakub, Yehuda, Boas dan Obed, Isai dan Daud, kemudian melalui generasi-generasi lain sampai pada Maria dan Yusuf. Akhirnya, Yesus datang. Siapakah Yesus? Yesus adalah Allah Tritunggal yang melewati semua generasi dan tampil sebagai perbauran antara ilahi dan insani.