17 Mei 2008

GENERASI YANG DISINGKIRKAN

Di dalam Matius ada beberapa generasi yang tidak tertulis dalam silsilah Kristus. Sepertinya mereka pernah hidup namun kehidupan mereka tidak terhitung sama sekalidi hadapan Allah. Pada titik ini betapa kita menyadari betapa hidup akan menjadi sia-sia. Apakah yang telah mereka lakukan?

Matius 1:8, “Yoram mempunyai anak, Uzia.” Bandingkan dengan 1 Tawarikh 3:11-12 yang berbunyi, “Anak orang ini ialah Yoram; anak orang ini ialah Ahazia; anak orang ini ialah Yoas; anak orang ini ialah Amazia; anak orang ini adalah Azarya” (atau Uzia — 2 Raj. 15:1, 13). Matius tidak menyebutkan tiga generasi yang terdapat dalam 1 Tawarikh — Ahazia, Yoas, dan Amazia. Ini tentu dikarenakan pernikahan yang jahat antara Yoram dengan anak perempuan Ahab dan Izebel yang merusak keturunan Yoram (2 Taw. 21:5-6; 22:1-4). Ahab adalah raja dari kerajaan utara, sedangkan Izebel istrinya adalah seorang perempuan jahat yang sepenuhnya berhubungan dengan berhala-berhala. Ia bersatu dengan Iblis, dan merusak suaminya. Mereka melahirkan seorang putri, dan Yoram, salah seorang raja dari raja-raja Yehuda, menikahi dia. Perempuan ini mengajar Yoram untuk menyembah kepada berhala-berhala, menjadi satu dengan berhala-berhala. Akibatnya, keluarga mereka dirusak.

Berdasarkan Keluaran 20:5, tiga generasi dari keturunan Yoram dikesampingkan dari silsilah Kristus. Keluaran 20:5 memberitahukan bahwa orang yang meninggalkan Allah dan menyembah kepada berhala-berhala akan merusak dirinya dan akan mendapatkan kutukan Allah sampai tiga atau empat keturunan. Sebab itu, tiga generasi dari Raja Yoram telah dikesampingkan dari silsilah Kristus. Di sini kita wajib mempelajari satu pelajaran.

Jika kita mau terkait dengan Kristus, sekali-kali tidak boleh melibatkan diri dengan barang yang ada hubungannya dengan berhala-berhala. Allah itu pencemburu dan Dia tidak akan pernah bertoleransi terhadap penyembahan berhala.

Matius 1:11, “Yosia mempunyai anak, Yekhonya.” Bandingkan ini dengan “Anak-anak Yosia . . . anak yang kedua ialah Yoyakim . . . keturunan Yoyakim ialah Yekhonya, anaknya itu” (1 Taw. 3:15-16). Satu generasi — Yoyakim — ditiadakan dari silsilah Kristus. Ini pasti karena ia dinobatkan menjadi raja oleh Firaun dari Mesir serta mengumpulkan pajak bagi Firaun (2 Raj. 23:34-35). Karena ia begitu erat
berhubungan dengan Mesir, maka ia dikeluarkan dari silsilah Kristus. Mesir mewakili dunia.

Dari dua catatan ini kita nampak bahwa siapa saja yang berhubungan dengan berhala atau bersatu dengan dunia, akan disingkirkan dari generasi Kristus.