14 Mei 2008

KRISTUS, KRISTUS DAN KRISTUS

Bila Anda membuka Alkitab perjanjian baru maka pada bagian awal kitab ini Anda akan disuguhi tujuh belas ayat yang berisi nama-nama di dalam perjanjian lama, nampaknya membosankan bukan melihat nama-nama yang sebagian besar tidak familiar berseliweran disana-sini?. Tapi nanti dulu, jangan sampai Anda melewatkannya. Kalau kita bersabar sedikit saja, merunut nama-nama ini satu demi satu maka kita akan mendapatkan makna rohani yang besar di dalamnya.

Saya punya alkitab perjanjian lama dan perjanjian baru dalam jilid yang terpisah beratnya kalau digabung sekitar tiga kilo. Cukup berat dan tebal. Kalau saya membawanya bersamaan pergi beribadah cukup merepotkan. Kalau mau membacanya lembar per lembar cukup perlu kesetiaan. Nah kalau ada beberapa kalimat saja yang bisa menyimpulkan isinya tentu Anda dan saya akan berterima kasih. Benar bukan?

Alkitab adalah kitab hayat dan hayat ini adalah persona yang hidup yaitu Kristus yang ajaib dan almuhit. Perjanjian Lama memberi kita satu gambaran, dalam lambang, nubuat, mengenai persona yang ajaib ini, sebagai yang akan datang . Dalam Perjanjian Baru, persona yang ajaib ini telah datang. Dalam memperkenalkan persona yang ajaib ini kepada kita, halaman pertama Perjanjian Baru memaparkan silsilah-Nya. Silsilah ini dapat dianggap ekstrak Perjanjian Lama, yang merupakan silsilah Kristus secara rinci.

Saya paling tidak suka melewatkan jus kegemaran saya terong belanda, karena merupakan suatu kehilangan yang besar bagi saya. Kalau saya melewatkan nama-nama ini pasti lebih celaka, kehilangan makna rohani yang tidak ternilai.

Marilah kita lihat nama pertama yaitu Yesus. Tahukah Anda nama pertama dan nama terakhir (Why. 22:21) dalam Perjanjian Baru adalah Yesus. Mungkin Anda sedikit terkejut, kalau demikian Anda boleh menceknya sebentar. Benar bukan? Lalu apa maknanya? Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah inti dan isi Perjanjian Baru.

Sampai disini sudah cukup memberikan bantuan untuk memasuki perjanjian baru. Jadi kalau saya coba cari yang macem-macem waktu baca perjanjian baru pasti bakalan nggak ketemu deh. Harus cari Kristus, Kristus dan Kristus. Amin