16 Mei 2008

SALOMO ATUKAH NATAN KETURUNAN DAUD

Silsilah dalam Matius menerangkan bahwa putra Daud adalah Salomo, sedangkan silsilah dalam Lukas menerangkan bahwa putra Daud adalah Natan. Bila kita membaca 1 Tawarikh 3:5, jelas bahwa mereka adalah dua orang yang berbeda. Lalu, apakah Alkitab salah mencatat?

Catatan Lukas adalah silsilah Natan, putra Daud, yang adalah leluhur Maria; sedangkan catatan Matius adalah silsilah Salomo, putra Daud, yang adalah leluhur Yusuf. Satu silsilah adalah garis Maria, garis istri; yang lain adalah garis Yusuf, garis suami. Maria dan Yusuf adalah keturunan Daud, tetapi mereka diturunkan dari dua keluarga yang berasal dari leluhur yang sama. Yang satu keluarga Salomo, yang lain keluarga Natan. Di bawah kedaulatan Allah, Maria dan Yusuf — keturunan dari dua keluarga ini, bertunangan dan melahirkan Kristus. Kristus terhitung sebagai keturunan Daud melalui Salomo dan Natan. Inilah sebabnya Dia mempunyai dua silsilah.

Hubungan Salomo dengan Kristus tidak langsung. Sesungguhnya, Salomo bukanlah leluhur langsung dari Kristus. Hubungannya dengan Kristus tidaklah langsung, tetapi melalui pernikahan Yusuf, keturunannya, dengan Maria, yang darinya Kristus dilahirkan (Mat. 1:16). Perjanjian Lama tidak mengatakan bahwa Kristus akan menjadi keturunan Salomo, tetapi berkali-kali menubuatkan bahwa Kristus akan menjadi keturunan Daud (2 Sam. 7:13-14, 16; Yer. 3:5). Meskipun Kristus bukan keturunan langsung dari Salomo, bagaimanapun nubuat Perjanjian Lama mengenai Kristus sebagai keturunan Daud telah digenapi.