17 Mei 2008

SAMPAI KRISTUS

Silsilah Kristis di dalam kitab matius ditutup dengan manis sekali yaitu dengan frase “sampai Kristus”. Oh halleluya, kita telah sampai kepada Kristus. Kristus adalah sebuah kesimpulan, tidak ada yang lain selain Dia.

Lukas mulai dengan Yesus dan menelusur kembali sampai Allah, jumlah total terdiri dari tujuh puluh tujuh generasi. Matius menjelaskan dari Abraham sampai Kristus. Lukas mengarah ke belakang sampai kepada Allah, sedangkan Matius mengarah ke depan sampai kepada Kristus. Seluruh generasi ditujukan kepada Kristus serta melahirkan Kristus.

Kristus itulah sasaran, kesimpulan, penggenapan, dan penyempurnaan dari seluruh generasi, menggenapkan nubuat-nubuat mereka, memecahkan masalah-masalah mereka, dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka. Kristus datang untuk menggenapkan semua nubuat, nubuat tentang Abraham, Ishak,Yakub, Yehuda, dan Daud. Tanpa kedatangan Kristus, semua nubuat ini akan sia-sia. Begitu Kristus datang, terang, hayat,keselamatan, kepuasan, kesembuhan, kemerdekaan, perhentian,
penghiburan, ketenteraman, dan riang gembira, semuanya datang bersama Dia.

Dari titik ini dan seterusnya, seluruh Perjanjian Baru merupakan penjelasan penuh terhadap Kristus yang ajaib ini. Kedua puluh tujuh kitab dari PerjanjianBaru — kitab-kitab Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat Kiriman, dan Wahyu — memberi tahu kita betapa Kristus menggenapkan semua nubuat, membereskan semua masalah kita, dan memenuhi semua kebutuhan kita dan betapa Dia itu segala sesuatu bagi kita. Haleluya, Kristus telah datang!